Rekrutmen BUMN PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) April 2012 untuk Tingkat D3 & S1

http://jobsinpt.blogspot.com/2012/04/rekrutmen-bumn-pt-pelabuhan-indonesia_20.html

PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau disingkat Pelindo II adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang Jasa Kepelabuhanan.wilayah operasi

Wilayah operasi Pelindo II mencakup 10 propinsi dan mengelola 12 pelabuhan yang diusahakan, yaitu :

  1. Pelabuhan Teluk Bayur di Propinsi Sumatera Barat
  2. Pelabuhan Jambi di Propinsi Jambi
  3. Pelabuhan Palembang di Propinsi Sumatera Selatan
  4. Pelabuhan Bengkulu di Propinsi Bengkulu
  5. Pelabuhan Panjang di propinsi Lampung
  6. Pelabuhan Tanjung Pandan dan Pelabuhan Pangkal Balam di Propinsi Bangka Belitung
  7. Pelabuhan Banten di Propinsi Banten
  8. Pelabuhan Tanjung Priok dan Sunda Kelapa di Propinsi DKI Jakarta
  9. Pelabuhan Cirebon di Propinsi Jawa Barat
  10. Pelabuhan Pontianak di Propinsi Kalimantan Barat
Bidang usaha Pelindo II meliputi penyediaan dan pengusahaan :

  • Perairan dan kolam pelabuhan untuk lalu lintas pelayaran dan tempat kapal berlabuh;
  • Pelayanan pemanduan dan penundaan kapal keluar masuk pelabuhan, olah gerak kapal di dalam kolam serta jasa pemanduan dan penundaan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya;
  • Fasilitas untuk kapal bertambat serta melakukan bongkar muat barang dan hewan;
  • Fasilitas pergudangan dan lapangan penumpukan;
  • Terminal konvensional, terminal petikemas, dan terminal curah untuk melayani bongkar muat komoditas sesuai jenisnya;
  • Terminal penumpang untuk pelayanan embarkasi dan debarkasi penumpang kapal laut;
  • Fasilitas listrik, air minum dan telepon untuk kapal dan umum di daerah lingkungan kerja pelabuhan;
  • Lahan untuk industri, bangunan dan ruang perkantoran umum;
  • Pendidikan dan latihan yang berkaitan dengan kegiatan kepelabuhanan.

Kesempatan Kerja periode April 2012 di Pelindo II

PT Pelabuhan Indonesia II (persero) membutuhkan sumber daya manusia untuk kader-kader perusahaan dimasa datang dengan membuka kesempatan kerja untuk posisi-posisi di bawah ini.

Untuk registrasi kerja, harap Surat Lamaran berikut lampirannya dikirimkan melalui surat pos yang ditujukan kepada :

TIM REKRUTMEN DAN SELEKSI

PO BOX 98/ JKU JAKARTA 14310 
 
Staf Keuangan
S1 Ekonomi Akuntansi
 
Fungsi Pekerjaan : Pelaksana analisis dan evaluasi pelaksanaan program kerja bidang akuntansi keuangan
 
Ringkasan Pekerjaan :
  1. Menganalisa dan mengevaluasi : Trasaksi keuangan; Laporan keuangan;
  2. Menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun : Rencana program kerja manajemen bidang akuntansi umum; Realisasi program kerja manajemen bidang akuntansi umum; Laporan keuangan bulanan
Pengetahuan :
  • Mempunyai kemampuan bahasa Ingris aktif baik lisan maupun tertulis
  • Mampu menbuat sistem akuntansi
  • Menguasi sistem perpajakan yang berlaku
  • Memahami konsep manajemen keuangan
  • Mempunyai kemampuan numerik yang baik
Keterampilan :
  • Mempunyai keterampilan dalam presentasi
  • Terampil mengoperasikan komputer (word prosesor dan spread sheet)
Mutu Pribadi :
  • Perhatian pada detail;
  • Berpikir analistis;
  • Inovatif;
  • Mampu memecahkan masalah;
  • Mandiri;
  • Berorientasi pada pelanggan
Staf Pengembangan Bisnis 
S1 Manajemen

Fungsi Pekerjaan :
Pelaksana analisis dan evaluasi pelaksanaan program kerja bidang pengembangan bisnis
 
Ringkasan Pekerjaan :
  • Penyusunan rencana kerjasama usaha perusahaan yang meliputi corporate plan dan business plan.
  • Analisis dan evaluasi segmen usaha perusahaan.
  • Penyusunan sistem dan prosedur pengelolaan usaha.
Pengetahuan :
  • Mempunyai kemampuan bahasa Ingris aktif baik lisan maupun tertulis
  • Mampu penyusun corporate plan dan business plan
  • Memahami konsep pembuatan tarif jasa
Keterampilan :
  • Mempunyai keterampilan dalam presentasi
  • Terampil mengoperasikan komputer (word prosesor dan spread sheet)
Mutu Pribadi :
  • Perhatian pada detail
  • Berpikir analistis
  • Inovatif
  • Mampu memecahkan masalah
  • Mandiri
  • Berorientasi pada pelanggan
Staf Program Pengembangan SDM 
S1 Psikologi
 
Fungsi Pekerjaan : Pelaksana analisis dan evaluasi pelaksanaan program kerja bidang pengembangan SDM
 
Ringkasan Pekerjaan :
  • Analisis dan evaluasi sistem management trainee dan operational trainee.
  • Pengelolaan management development programme
Pengetahuan :
  • Mempunyai kemampuan bahasa Ingris aktif baik lisan maupun tertulis
  • Mampu menbuat sistem pengembangan SDM
  • Menguasi konsep sistem manajemen SDM berbasis komptensi
  • Memahami konsep manajemen karir
  • Mempunyai kemampuan numerik yang baik
Keterampilan :
  • Mempunyai keterampilan dalam presentasi
  • Terampil mengoperasikan komputer (word prosesor dan spread sheet)
Mutu Pribadi :
  • Perhatian pada detail
  • Berpikir analistis
  • Inovatif
  • Mampu memecahkan masalah
  • Mandiri
  • Berorientasi pada pelanggan
Staf Hukum
S1 Hukum
 
Fungsi Pekerjaan : Pelaksana analisis dan evaluasi pelaksanaan program kerja bidang penanganan masalah hukum
 
Ringkasan Pekerjaan :
  • Analisis dan evaluasi permaslahana hukum dengan pihak ketiga
  • Penyusunan rencana penanganan masalah hukum
  • Pelaksanaan penanganan masalah hukum
Pengetahuan :
  • Mempunyai kemampuan bahasa Ingris aktif baik lisan maupun tertulis
  • Mampu menagani perkara hukum dipengadilan
  • Menguasi tata acara peradilan
Keterampilan :
  • Mempunyai keterampilan dalam presentasi, komunikasi dan negoisasi
  • Terampil mengoperasikan komputer (word prosesor dan spread sheet)
Mutu Pribadi :
  • Perhatian pada detail
  • Berpikir analistis
  • Inovatif
  • Mampu memecahkan masalah
  • Mandiri
  • Berorientasi pada pelanggan
Pelaksana Akuntansi
D3 Ekonomi Akuntansi
 
Fungsi Pekerjaan : Pelaksana penyiapan dan pengolahan data kegiatan program kerja bidang akuntansi umum

Ringkasan Pekerjaan :
  • Menyediakan dan menyusun :
  • Data transaksi keuangan;
  • Data usulan perbaikan laporan kegiatan akuntansi keuangan;
  • Data rencana program kerja manajemen bidang akuntansi;
  • Data realisasi program kerja manajemen bidang akuntansi;
  • Data laporan keuangan bulanan;
  • Data laporan konsolidasi triwulanan dan tahunan
Pengetahuan :
  • Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan;
  • Mempunyai pengetahuan tentang akuntansi dan pembuatan anggaran perusahaan;
  • Mempunyai kemampuan numerik yang baik.
Keterampilan :
  • Terampil mengoperasikan komputer (word prosessor dan spreadsheet);
  • Mempunyai keterampilan menyusun laporan 
Mutu Pribadi :
  • Perhatian pada detailDisiplin dan memiliki motivasi kerja yang tinggi
  • Mampu bekerjasama
  • Mandiri
  • Berorientasi pada pelanggan
Pelaksana Sistem Informasi
D3 Tek. Komputer/ Tek. Informatika
 
Fungsi Pekerjaan : Pelaksana penyiapan dan pengolahan data kegiatan program kerja bidang sistem informasi

Ringkasan Pekerjaan :
  • Melaksanakan pengembangan dan pemeliharaan sistem informasi
  • Melaksanakan back up data dan program aplikasi
  • Mendokumentasikan data sistem informasi
Pengetahuan :
  • Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan
  • Mempunyai pengetahuan tentang sistem informasi 
Keterampilan :
  • Terampil mengoperasikan komputer (word prosessor dan spreadsheet)
  • Mempunyai keterampilan menyusun laporan
Mutu Pribadi :
  • Perhatian pada detail
  • Disiplin dan memiliki motivasi kerja yang tinggi
  • Mampu bekerjasama
  • Mandiri
  • Berorientasi pada pelanggan
Pelaksana Teknik Mesin dan Listrik
D3 Teknik Mesin/ listrik
 
Fungsi Pekerjaan : Pelaksana penyiapan dan pengolahan data kegiatan program kerja bidang teknik mesin dan listrik
 
Ringkasan Pekerjaan :
  • Menyusun rencana anggaran perawatan dan perbaikan mesin
  • Menyusun berita acara penyelesaian pelaksanaan pekerjaan perbaikan dan perawatan komponen mesin
  • Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan
  • Mempunyai kemampuan melaksanakan perawatan/ perbaikan mesin
  • Mempunyai pengetahuan tentang cara kerja sistem hidrolik
Pengetahuan :
  • Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan;
  • Memiliki pengetahuan tentang preventive maintenance planning;
  • Memiliki pengetahuan tentang mesin.
Keterampilan :
  • Terampil mengoperasikan komputer (word prosessor dan spreadsheet)
  • Mempunyai keterampilan menyusun laporan
Mutu Pribadi :
  • Perhatian pada detail
  • Disiplin dan memiliki motivasi kerja yang tinggi
  • Mampu bekerjasama
  • MandiriBerorientasi pada pelanggan
Pelaksana Teknik Sipil
D3 Teknik Sipil

Fungsi Pekerjaan :
Pelaksana penyiapan dan pengolahan data kegiatan program kerja bidang perencanaan teknik sipil.

Ringkasan Pekerjaan :
  • Membuat usulan investasi dan perawatan teknik sipil
  • Membuat perhitungan anggaran biaya investasi dan perawatan teknik sipil
  • Membuat desain gambar rencana investasi dan perawatan teknik sipil
  • Membuat RKS teknis pekerjaan investasi dan perawatan teknik sipil
  • Memantau waktu penyelesaian pekerjaan investasi dan perawatan teknik sipil
Pengetahuan :
  • Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris aktif baik lisan maupun tulisan;
  • Mempunyai kemampuan membuat gambar teknik;
  • Memahami manajemen proyek.
Keterampilan :
  • Terampil mengoperasikan komputer (word prosessor dan spreadsheet);
  • Mempunyai keterampilan menyusun laporan.
Mutu Pribadi :
  • Perhatian pada detail
  • Disiplin dan memiliki motivasi kerja yang tinggi
  • Mampu bekerjasama
  • Mandiri
  • Berorientasi pada pelanggan
Pelaksana Perencanaan dan Pengembangan SDM
D3 Ekonomi/ Manajemen
 
Fungsi Pekerjaan : Pelaksana penyiapan dan pengolahan data kegiatan program kerja bidang perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia

Ringkasan Pekerjaan :
  • Menyiapkan usulan kenaikan kelas jabatan tingkat supervisor, staf dan pelaksana
  • Menyiapkan usulan penataan sumber daya manusia baik organik maupun non organik
  • Menyiapkan perencanaan karier dan analisa beban kerja tingkat supervisor, staf dan pelaksana
  • Melaksanakan proses permintaan kebutuhan SDM baik organik dan non organik dan usulan perubahan struktur organisasi
  • Melaksanakan pembuatan perhitungan upah tenaga kerja non organik dan menyiapkan surat perjanjian pelaksanaan pekerjaan tenaga non organik
  • Menyiapkan laporan triwulan sumber daya manusia dan bezetting/formasi pegawai serta  menyusun laporan triwulan realisasi pendidikan dan latihan
  • Menyiapkan analisa kebutuhan diklat dan usulan rencana diklat serta inhouse training;
  • Melaksanakan proses administrasi diklat dan inhouse training
  • Melaksanakan proses PKL/riset dan pendistribusian siswa PKL/riset
  • Menyiapkan evaluasi penyelenggaraan diklat dan setelah diklat
  • Menyusun uraian jabatan dan persyaratan jabatan
 Pengetahuan :
  • Mempunyai kemampuan Bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan
  • Mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan sumber daya manusia
Keterampilan :  
  • Terampil mengoperasikan komputer (word prosessor dan spreadsheet)
  • Mempunyai keterampilan menyusun laporan
Mutu Pribadi :
  • Perhatian pada detail
  • Disiplin dan memiliki motivasi kerja yang tinggi
  • Mampu bekerjasama
  • Mandiri
  • Berorientasi pada pelanggan