Kedubes Jepang Tawarkan Program Beasiswa Monbukagakusho

http://jobsinpt.blogspot.com/2012/04/kedubes-jepang-tawarkan-program.html

Kedutaan Besar Jepang mulai 2 April membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan sebagai research student di universitas di Jepang, pada tahun akademik 2013, mulai April 2013-Maret 2014.

Dalam program beasiswa Pemerintah Jepang atau Monbukagakusho tersebut, peminat bisa melamar program degree (master/doctor/professional graduate course) atau meneruskan program doctor degree setelah menyelesaikan master degree/professional graduate course, apabila lolos seleksi tes ujian yang diberikan universitas bersangkutan.

Kedubes Jepang dalam siaran persnya menjelaskan, informasi dan formulir pendaftaran bisa diakses melalui website Kedutaan Besar Jepang. Formulir pendaftaran juga bisa diambil secara gratis di Kedubes Jepang bagian pendidikan, pukul 08.30-12.00, 14.00-15.30, serta Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan. Dokumen lamaran harus dikembalikan kepada Kedubes Jepang sebelum 2 Mei 2012, baik diserahkan secara langsung maupun dikirim melalui pos.

Persyaratannya, pelamar lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1978 dengan IPK dari universitas tempat belajar terakhir minimum 3,0 atau nilai EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students) minimum 260 dalam jumlah dua mata ujian tidak termasuk Bahasa Jepang.

Selain itu, nilai TOEFL yang disyaratkan minimum 550 atau ekuivalen atau lulus Tes Kemampuan Bahasa Jepang Tingkat 2.

Pelamar yang berhasil lolos nantinya uang kuliah akan dibiayai dengan beasiswa Monbukagakusho, mendapatkan tiket pergi-pulang, uang masuk universitas, serta uang 143.000 yen setiap bulan sebagai biaya hidup sehari-hari.

Terima Kasih dan Semoga Sukses !


Hormat Kami,

Tim Kontributor LoKerNesia